Langsung ke konten utama

 

Menjadi Wirausaha, Siapa Takut…Jadi Konglomerat Pasti Bisa!!

Pembicara : Ari Pambudi,S.kom,M.kom

Judul: Menjadi wirausaha muda

 

Enterpreneur

-         Insan yang memiliki kemampuan dalam mengenali dan mengelola diri, serta mengidentifikasi berbagai peluang dan mengelola su,br daya di sekitarnya secara kreatif untuk menciptakan nilai tambah bagi diri dan lingkungannya secara berkelanjutan. Jika dilihat dan mengelola dari sumber daya, maka akan ada peluang dengan kreatif sehingga membuat nilai tambah dari suatu produk yang dihasilkan, yang berguna bagi diri sendiri dan lingkungan secara berkelanjutan itu bisa kita katakan sebagai enterpreneur. 

 

Wirausaha Indonesia Dan Dunia (bersumber dari BPS, Kementrian Koperasi dan UMKN )

Jika dilihat posisi Indonesia, pada Rasio Wirausaha Indonesia tahun 2016 jumlah penduduk 252 juta orang, baru ada sekitar 7,8 juta orang sekitar 3,1% wirausaha Indonesia, sedangkan jika dilihat dari negara-negara tetangga kita Malaysia 5%, Singapura 7%, Cina 10%, Jepang 11%, Amerika Serikat 12%.

Pada tahun 2030 yang akan datang kita akan mendapatkan bonus demografi, yaitu teman-teman mahasiswa semua, anak muda yang usia kerjanya siap didunia kerja, yang siap menciptakan lapangan pekerjaan. Berarti dengan adanya rentang penduduk yang semakin tinggi usia produktif yaitu akan menjadikan peluang untuk Indonesia mempunyai wirausaha-wirausaha muda. Bersadarkan hasil survei sebanyak 35,5% usia 15 s.d 35 tahun ingin menjadi pengusaha dimasa depan. Pesatnya pertumbuhan perusahaan rintisan (start-up) dalam beberapa tahun terakhir menjadi faktor yang mendorong tingginya minat pemuda tersebut. persepsi tersebut merupakan yang tertinggi dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya.

 

Apakah Saya Cocok menjadi Pengusaha?

Mulai saat ini mari kita berfikir apakah saya cocok menjadi pengusaha, karena menjadi pengusaha tidaklah meudah, penuh denan lika-liku mulai dari nol hingga akhirnya mencapai titik berhasilnya dengan niat, kekuatan dan tekad maka semua orang pasti bisa menjadi pengusaha.

 

SIFAT PENTING MENJADI PENGSAHA MUDA

- Harus mempunya visi

Visi adalah sifat terpenting dari pemimpin. Hal terpenting adalah menanamkan mimpi : mendorong orang-orang di sekitar Anda untuk percaya pada visi Anda.

-         - Fokus

Fokus pada hal yang sudah dijalankan akan menjadi lebih terarah dengan sedikit mengesampingkan hal-hal yang bisa membuat fokus kita berubah.

-        -  Tegas

Sebagai seorang pemilik bisnis dan pemimpin perusahaan, kita diharuskan memiliki rasa kuat dan tegas dalam mengambil dan memutuskan sesuatu. Karena bagaimanapun setiap pemilik bisnis akan selalu dihadapkan dengan berbagai tantangan.

-        - Kemampuan mendengarkan dengan baik

Dengan mendengarkan Anda belajar berempati terhadap orang lain baik konsumen maupun bawahan, dengan mendengarkan Anda menjadi lebih peka terhadap masalah atau pendapat yang ada disekitar Anda

-        -  Sosialisasi

Mampu mengembangkan komunikasi mereka dengan sesama pemilik bisnis atau orang-orang lain sekitarnya. Karena bagaimanapun sosialisasi dalam kehidupan sungguh sangat dubutuhkan. Sekalipun Anda menjadi pengusaha sukses, tapi Anda tentu membutuhkan seorang rekan, relasi dan juga teman untuk berbagi. Tentu nantinya akan menjadikan promosi bisnis kita menjadi lebih mudah.

-         - Fleksibel

Fleksibelitas ditekankan kepada kemampuan kita untuk bisa berfikir lebih praktis dan berbeda, terlebih saat kita melakukan suatu hal yang diluar rencana kita sebelumnya. Pemilik bisnis akan lebih dihargai oleh pelanggan atau mitar bisnis Anda, ketika Anda menunjukkan fleksibelitas untuk membuktikan apa yang Anda yakini sendiri.

-         - Dedikasi

Jika kita memang ingin sukses membangun sebuah binsis, maka kita harus mampu dan mau untuk mencurahkan segenap waktu, tenaga, dan pikiran kita untuk bisnis.

-         - Berpikir positif

Berpikir positif adalah awal dari lahirnya sikap optimis dalam dirinya maka akan menjadikan kekuatan diri dalam menjalankan usaha dan sebagai alasan dirinya disaat yang lain menyerah.

 

Kesimpulannya:

Dalam menjalankan sebuah usaha bisnis sifat-sifat terpenting yang harus diperhatikan jika ingin menjadi penugasa, karena menjadi pengusaha adalah kemauan semua orang, tetapi menjadi pengusaha tidaklah semudah yang dibayangkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jawaban Soal Business Model Canvas

Apakah Bussines Model itu? Menurut Alexander Osterwalder, Business Model adalah gambaran dasar bagaimana sebuah organisasi membuat, men-deliver dan menangkap value yang ada. Business Model bersifat seperti blueprint untuk strategi yang akan diimplementasikan ke seluruh organisasi, proses dan sistem. Semua pelaku bisnis harus memiliki pemahaman yang sama terhadap Business Model sehingga diperlukan sebuah konsep yang dapat memberikan satu gambaran standar. Konsep ini harus simple, relevan dan mudah dipahami secara intuitif. Konsep inilah yang diberi nama 9 Building Blocks. Konsep ini sendiri telah diaplikasikan dan diuji coba di seluruh dunia dan telah digunakan di beberapa organisasi, seperti IBM, Ericsson, Deloitte, the Public Works and Government Services of Canada dan banyak lagi. Business Model Canvas (BMC) Business Model Canvas adalah suatu strategi manajemen yang digunakan untuk merancang perencanaan bisnis perusahaan berdasarkan proposisi nilai perusahaan, produk, infrastruktur,

SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING BASO ACI

 SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING BASO ACI ·         Segmentasi Pasar Ø   Geografis   Baso Aci Neng Geulis ini rencana akan dibuka di Daerah dengan konsentrasi konsumen yang tinggi. Seperti di Tangerang tepatnya di daerah Pasar Lama , yang memang terkenal akan kawasan kulinernya. T erkenal akan pengunjungnya yang ramai dan kawasan kuliner dengan banyak macam makanan. Ø   Demografi      Baso Aci ini bisa konsumsi oleh berbagai usia, dan harganya yang ekonomis membuat banyak peminat untuk membeli menikmatinya Ø   Psikografi    Yang membuat konsumen tertarik dengan Baso Aci  ini karna sedang Booming dan harga yang terjangkau dan mudah untuk di dapatkan   ·       Targeting Target pasar lebih ke kumpulan anak remaja atau anak muda dan orang dewasa selain itu pelanggan yang gemar ak an makanan yang cita rasa yang gurih dan pedas yang sangat menggugah selera.   ·         Positioning “Bakso Aci untuk Semua orang!” di lihat dari motto Baso Aci ini dengan nyata

Lean Bussines Model Canvas

Bakso Aci Neng Geulis