Langsung ke konten utama

TABEL PERKIRAAN ANGGARAN BIAYA RENCANA BISNIS “KEDAI KOPI”

 

TABEL PERKIRAAN ANGGARAN BIAYA RENCANA BISNIS

“KEDAI KOPI”

Saya akan membuat contoh rincian perkiraan penjualan usaha yang dirintis sesuai Model Bussines Canvas di artikel sebelum nya. 

NO

ALAT PENUNJANG

SATUAN

JUMLAH

HARGA

TOTAL

1

Kios

Unit

1

Rp 2.500.000

Rp 2.500.000

2

Mesin Penggiling Kopi (Coffee Grinder

Set

1

Rp 2.000.000

Rp 2.000.000

3

Drip Coffee Make

Unit

1

Rp 180.000

Rp 180.000

4

Moka pot

Unit

1

Rp 150.000

Rp 150.000

5

Peralatan untuk memasak

Set

1

Rp 360.000

Rp 360.000

6

Peralatan untuk memanggang

Set

1

Rp 200.000

Rp 200.000

7

Kompor gas

Unit

1

Rp 100.000

Rp 100.000

8

Tabung gas

Unit

1

Rp 25.000

Rp 25.000

8

Sendok

Lusin

4

Rp 25.000

Rp 100.000

9

Gelas

lusin

4

Rp 100.000

Rp 400.000

10

Nampan

unit

5

Rp 25.000

Rp 125.000

11

Kursi & meja

set

5

Rp 400.000

Rp 2.00.000


SUB TOTAL

                                                                   = Rp 8.140.000

1

Kopi

Kg

5

Rp 180.000

Rp 900.000

2

Cream

Satuan

5

Rp 30.000

Rp 150.000

3

Gula

Kg

4

Rp 20.000

Rp 80.000

4

Bumbu lainnya

Kg

3

Rp 30.000

Rp 30.000

5

Air bersih

Satuan

4 galon

Rp 20.000

Rp 80.000

6

Bahan makanan

Kg

5

Rp 150,000

Rp 750.000

 

SUB TOTAL

                                                                    = Rp 1.990.000

1

Pekerja

Orang

2

Rp 2.000.000

Rp 4.000.000

2

Spanduk

unit

2

Rp 100.000

Rp 100.000

3

Media social

Pulsa

2

Rp 100.000

Rp 100.000

4.

Biaya tak terduga

Satuan

-

Rp 100.000

Rp 100.000

 

SUB TOTAL

                                                                    = Rp 1.350.000

 

Rincian harga jual

1.      Harga per porsi

Harga per gelas = Rp. 15.000

Harga satu makanan = RP. 10.000

Harga minimal 1 porsi = Rp. 30.000

2.      Perkiraan penjualan perhari, perbulan,pertahun

1)      Target perjualan perhari

Untuk semua menu bandrek dalam sehari minimal laku 30 porsi

Kopi                                        Rp. 15.000 x 30 = Rp. 450.000

Kopi dan makanan                 Rp. 30.000 x 30 = Rp. 900.000

Total penjualan dalam satu hari                        = Rp. 1.350.000

2)      Perkiraan penjualan dalam sebulan

Keuntungan total dari jumlah keseluruhan dikali dengan 30  hari.

Rp. 1.350.000  x 30 hari = Rp. 40.500.000

Kemungkinan keuntungan dalam sebulan akan mencapai Rp.40.500.000

3)      Perkiraan penjualan dalam satu tahun

Keuntungan total dari jumlah keseluruhan dikali dengan jumlah bulan Rp.40.500.000 x 12 bulan = Rp 486.000.000. keuntungan dalam pertahun diperkirakan akan mencapai Rp. 486.000.000

4)      Titik impas balik modal

·      Modal utama                   = Rp.11.480.000

·      Keuntungan perhari        =  Rp.1.350.000

·      Keuntungan perbulan     = Rp.40.500.000

·      Keuntungan satu tahun   = Rp.486.000.000

Kemungkinan dalam satu bulan usaha saya akan mengembalikan semua modal yang sudah terpakai. Dan selama satu tahun tersebut setidaknya sudah melebihi balik modal. Semoga bisa membantu, Terimakasih!!!

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jawaban Soal Business Model Canvas

Apakah Bussines Model itu? Menurut Alexander Osterwalder, Business Model adalah gambaran dasar bagaimana sebuah organisasi membuat, men-deliver dan menangkap value yang ada. Business Model bersifat seperti blueprint untuk strategi yang akan diimplementasikan ke seluruh organisasi, proses dan sistem. Semua pelaku bisnis harus memiliki pemahaman yang sama terhadap Business Model sehingga diperlukan sebuah konsep yang dapat memberikan satu gambaran standar. Konsep ini harus simple, relevan dan mudah dipahami secara intuitif. Konsep inilah yang diberi nama 9 Building Blocks. Konsep ini sendiri telah diaplikasikan dan diuji coba di seluruh dunia dan telah digunakan di beberapa organisasi, seperti IBM, Ericsson, Deloitte, the Public Works and Government Services of Canada dan banyak lagi. Business Model Canvas (BMC) Business Model Canvas adalah suatu strategi manajemen yang digunakan untuk merancang perencanaan bisnis perusahaan berdasarkan proposisi nilai perusahaan, produk, infrastruktur,

SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING BASO ACI

 SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING BASO ACI ·         Segmentasi Pasar Ø   Geografis   Baso Aci Neng Geulis ini rencana akan dibuka di Daerah dengan konsentrasi konsumen yang tinggi. Seperti di Tangerang tepatnya di daerah Pasar Lama , yang memang terkenal akan kawasan kulinernya. T erkenal akan pengunjungnya yang ramai dan kawasan kuliner dengan banyak macam makanan. Ø   Demografi      Baso Aci ini bisa konsumsi oleh berbagai usia, dan harganya yang ekonomis membuat banyak peminat untuk membeli menikmatinya Ø   Psikografi    Yang membuat konsumen tertarik dengan Baso Aci  ini karna sedang Booming dan harga yang terjangkau dan mudah untuk di dapatkan   ·       Targeting Target pasar lebih ke kumpulan anak remaja atau anak muda dan orang dewasa selain itu pelanggan yang gemar ak an makanan yang cita rasa yang gurih dan pedas yang sangat menggugah selera.   ·         Positioning “Bakso Aci untuk Semua orang!” di lihat dari motto Baso Aci ini dengan nyata

Lean Bussines Model Canvas

Bakso Aci Neng Geulis