Langsung ke konten utama

Bauran Pemasaran dan STP (Segmetnasi, Targeting, Positioning)

 

1.       Bauran Pemasaran

-    Luvy.food yaitu suatu bisnis rumahan makanan online yang menjual/memasarkannya secara online. Produk yang dijual/dipasarkan yaitu makanan yang diberi dengan saus mentai dengan berbagai varian menu, seperti mentai rice chicken dan dimsum mentai. Selain itu terdapat juga menu spaghetti brulle yaitu, mie pasta spaghetti yang dimasak kemudian atasnya diberi saus bechamel yang creamy. Kemasan yang digunakan yaitu menggunakan wadah alumunium foil yang diberi sticker mengenai informasi brand penjual dan alamat media sosial yang di tempel di bagian tutup wadahnya sehingga menarik dengan tiga ukuran yaitu (regular, medium, dan party). Seperti dengan menjaga kesehatan dan kebersihan dari produk yang dijual serta menggunkan bahan baku yang bagus sehingga cita rasa dari produk dange ini tetap terjaga.

-    Harga menu yang dijual yaitu sesuai dengan varian ukuran per menunya, antara lain:

o   Chicken mentai rice :

Regular   : Rp 25.000

Medium  : Rp 45.000

Party       : Rp 65.000

o   Spaghetti brulee

Regular   : Rp 25.000

Medium  : Rp 45.000

Party       : Rp 65.000

o   Dimsum Mentai

Regular 6 pcs       : Rp 27.000

Medium 10 pcs    : Rp 50.000

Party 16 pcs         : Rp 80.000

-    Media promosi yang digunakan berupa media sosial seperti instagram dan whatsapp, melalui story instagram maupun feeds dan strory whatsapp

-    Saluran distribusi/lokasi

Karna ini bisnis makanan rumahan maka tempat/lokasi berjualannya hanya di rumah dan belum memiliki kedai khusus. Karena belum berkerja sama dengan mitra seperti Gofood dan lainnya maka mendistribusikan ke konsumen yaitu ada dua cara, dengan cara mengirimnya menggunakan kurir ojek online dan pembayarannya via transfer melalui Mbanking selain itu dengan cara cash on delivery (COD) atau proses pembayarannya dilakukan secara tunai saat barang diterima.

2.       STP ( Segmetnasi, Targeting, Positioning )

a.    Segmentasi

1.    Geografis 

Luvy.food terdapat di kawasan rumahan dengan menggunakan pemasaran yang dilakukan secara online dan pengiriman ke konsumen menggunakan via ojek online atau COD

2.    Demografi

Luvy.food ini bisa konsumsi oleh berbagai usia, dan harganya yang ekonomis membuat banyak peminat untuk membeli menikmatinya

3.   Psikografi   

Yang membuat konsumen tertarik dengan Luvy.foof karna sedang Booming dan harga yang terjangkau dibandingkan dengan penjual yang lainnya.

b.   Targeting

Target pasar lebih ke kumpulan anak remaja atau anak muda dan orang dewasa selain itu pelanggan yang gemar akan makanan yang cita rasa yang gurih yang sangat menggugah selera.

c.    Positioning

“Luvy,food untuk Semua orang!” di lihat dari motto ini dengan nyata memposisikan  konsumen bahwa makanan ini bisa di nikmati oleh semua orang,  dari berbagai usia dan siapapun, karena memang memiliki rasa yang khas dan nikmat. 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jawaban Soal Business Model Canvas

Apakah Bussines Model itu? Menurut Alexander Osterwalder, Business Model adalah gambaran dasar bagaimana sebuah organisasi membuat, men-deliver dan menangkap value yang ada. Business Model bersifat seperti blueprint untuk strategi yang akan diimplementasikan ke seluruh organisasi, proses dan sistem. Semua pelaku bisnis harus memiliki pemahaman yang sama terhadap Business Model sehingga diperlukan sebuah konsep yang dapat memberikan satu gambaran standar. Konsep ini harus simple, relevan dan mudah dipahami secara intuitif. Konsep inilah yang diberi nama 9 Building Blocks. Konsep ini sendiri telah diaplikasikan dan diuji coba di seluruh dunia dan telah digunakan di beberapa organisasi, seperti IBM, Ericsson, Deloitte, the Public Works and Government Services of Canada dan banyak lagi. Business Model Canvas (BMC) Business Model Canvas adalah suatu strategi manajemen yang digunakan untuk merancang perencanaan bisnis perusahaan berdasarkan proposisi nilai perusahaan, produk, infrastruktur,

SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING BASO ACI

 SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING BASO ACI ·         Segmentasi Pasar Ø   Geografis   Baso Aci Neng Geulis ini rencana akan dibuka di Daerah dengan konsentrasi konsumen yang tinggi. Seperti di Tangerang tepatnya di daerah Pasar Lama , yang memang terkenal akan kawasan kulinernya. T erkenal akan pengunjungnya yang ramai dan kawasan kuliner dengan banyak macam makanan. Ø   Demografi      Baso Aci ini bisa konsumsi oleh berbagai usia, dan harganya yang ekonomis membuat banyak peminat untuk membeli menikmatinya Ø   Psikografi    Yang membuat konsumen tertarik dengan Baso Aci  ini karna sedang Booming dan harga yang terjangkau dan mudah untuk di dapatkan   ·       Targeting Target pasar lebih ke kumpulan anak remaja atau anak muda dan orang dewasa selain itu pelanggan yang gemar ak an makanan yang cita rasa yang gurih dan pedas yang sangat menggugah selera.   ·         Positioning “Bakso Aci untuk Semua orang!” di lihat dari motto Baso Aci ini dengan nyata

Lean Bussines Model Canvas

Bakso Aci Neng Geulis