1. Bauran Pemasaran
- Luvy.food yaitu suatu bisnis rumahan makanan online yang menjual/memasarkannya secara online. Produk yang dijual/dipasarkan yaitu makanan yang diberi dengan saus mentai dengan berbagai varian menu, seperti mentai rice chicken dan dimsum mentai. Selain itu terdapat juga menu spaghetti brulle yaitu, mie pasta spaghetti yang dimasak kemudian atasnya diberi saus bechamel yang creamy. Kemasan yang digunakan yaitu menggunakan wadah alumunium foil yang diberi sticker mengenai informasi brand penjual dan alamat media sosial yang di tempel di bagian tutup wadahnya sehingga menarik dengan tiga ukuran yaitu (regular, medium, dan party). Seperti dengan menjaga kesehatan dan kebersihan dari produk yang dijual serta menggunkan bahan baku yang bagus sehingga cita rasa dari produk dange ini tetap terjaga.
- Harga menu yang dijual yaitu sesuai dengan varian ukuran per menunya, antara lain:
o Chicken mentai rice :
Regular : Rp 25.000
Medium : Rp 45.000
Party : Rp 65.000
o Spaghetti brulee
Regular : Rp 25.000
Medium : Rp 45.000
Party : Rp 65.000
o Dimsum Mentai
Regular 6 pcs : Rp 27.000
Medium 10 pcs : Rp 50.000
Party 16 pcs : Rp 80.000
- Media promosi yang digunakan berupa media sosial seperti instagram dan whatsapp, melalui story instagram maupun feeds dan strory whatsapp
- Saluran distribusi/lokasi
Karna ini bisnis makanan rumahan maka tempat/lokasi berjualannya hanya di rumah dan belum memiliki kedai khusus. Karena belum berkerja sama dengan mitra seperti Gofood dan lainnya maka mendistribusikan ke konsumen yaitu ada dua cara, dengan cara mengirimnya menggunakan kurir ojek online dan pembayarannya via transfer melalui Mbanking selain itu dengan cara cash on delivery (COD) atau proses pembayarannya dilakukan secara tunai saat barang diterima.
2. STP ( Segmetnasi, Targeting, Positioning )
a. Segmentasi
1. Geografis
Luvy.food terdapat di kawasan rumahan dengan menggunakan pemasaran yang dilakukan secara online dan pengiriman ke konsumen menggunakan via ojek online atau COD
2. Demografi
Luvy.food ini bisa konsumsi oleh berbagai usia, dan harganya yang ekonomis membuat banyak peminat untuk membeli menikmatinya
3. Psikografi
Yang membuat konsumen tertarik dengan Luvy.foof karna sedang Booming dan harga yang terjangkau dibandingkan dengan penjual yang lainnya.
b. Targeting
Target pasar lebih ke kumpulan anak remaja atau anak muda dan orang dewasa selain itu pelanggan yang gemar akan makanan yang cita rasa yang gurih yang sangat menggugah selera.
c. Positioning
“Luvy,food untuk Semua orang!” di lihat dari motto ini dengan nyata memposisikan konsumen bahwa makanan ini bisa di nikmati oleh semua orang, dari berbagai usia dan siapapun, karena memang memiliki rasa yang khas dan nikmat.
Komentar
Posting Komentar