Langsung ke konten utama

My Idea BMC

Executive Summary Idea Business

Ngopi  santai “ Coffee Shop”

Coffee shop pada mulanya hanya menyediakan tempat untuk minum kopi dan teh dengan cepat. Akan tetapi, karena perkembangan dan kebutuhan pelanggan yang semakin lama semakin kompleks dan tidak ada habisnya, berkembanglah coffee shop seperti yang sekarang ini. Bukan hanya kopi dan teh saja tetapi sudah ada varian minuman lainnya dan juga makanan pendamping seperti  roti dan kue atau bahkan menu makanan yang lainnya. Dengan tempat yang strategis dan harga yang terjangkau penjualan ini sangat diminati, tentunya pasti akan banyak pelanggan mulai dari remaja hingga orang tua, karena tempat yang santai untuk ngobrol atau berbincang atau bahkan hanya untuk santai-santai berkumpul dengan rekan. Elemen yang ditawarkan adalah kopi dan juga menu lainnya yang pastinya dengan lokasi yang nyaman yang disukai diberbagai kalangan masyarakat umum.

Frist 5 Blok of BMC

1.  Customer Segments

Seluruh masyarakat, remaja hingga orang tua seperti:

  • Pelajar
  • Mahasiswa
  • Pegawai

2.  Value Propositions

  • Coffee shop menyediakan kopi aneka varian yang kekinian dengan cita rasa otentik dan bahan baku berkualitas terbaik.
  • Coffee shop merupakan kafe yang nyaman untuk menghabiskan waktu luang.

3.  Channel

  • Sosial media
  • Bazaar instansi.
  • Karnaval kuliner.
  • Aplikasi pengantaran makanan daring.

4.  Customer Relationship

  • Memberikan diskon 50% untuk pembelian kedua.
  • Promo gratis satu cup varian tertentu dengan membeli dua cup kopi.
  • Harga promo untuk event tertentu seperti karnaval kuliner dan bazaar.
  • Promo khusus untuk pembelian melalui aplikasi pengantaran makanan daring.

5.  Revenue

  • Modal pribadi pemilik Coffee Shop.
  • Investasi pihak ketiga.
  • Penjualan per cup Coffe Shop.
  • Penjualan menu pendamping.

6. Key Resource

·         Lokai penjualan yang strategis, dekat dengan instansi dan lembaga pendidikan seperti perkantoran, dan kampus.

  • Mesin espresso otomatis.
  • Petani kopi dengan kualitas biji kopi terbaik.
  • Suplaier bahan dan alat pelengkap.

7. Key Activities

  • Membeli biji kopi kualitas terbaik dari petani.
  • Memberikan pelayanan terbaik, cepat dan ramah.
  • Mempertahankan kualitas rasa dari produk-produk yang ditawarkan.

8. Key Partners

  • Petani kopi.
  • Suplaier bahan.
  • Penyelenggara event festival kuliner.
  • Influencer.

9. Cost Structures

  • Penyediaan alat.
  • Penyediaan lokasi kafe.
  • Penyediaan bahan baku.
  • Biaya promosi (pembukaan, festival kuliner, pekan promosi, dan promo kerja sama).

 

Gambar 9 block

Key Partners

·   Petani kopi.

·   Suplaier bahan.

·   Penyelenggara event festival kuliner.

·   Influencer.

 

Key Activities

·   Membeli biji kopi kualitas terbaik dari petani.

·   Memberikan pelayanan terbaik, cepat dan ramah.

·   Mempertahankan kualitas rasa dari produk-produk yang ditawarkan

 

Propositions

·   Coffee shop menyediakan kopi aneka varian yang kekinian dengan cita rasa otentik dan bahan baku berkualitas terbaik.

·   Coffee shop merupakan kafe yang nyaman untuk menghabiskan waktu luang.

 

Customer Relationship

·   Promo gratis satu cup varian tertentu dengan membeli dua cup kopi.

·   Harga promo untuk event tertentu seperti karnaval kuliner dan bazaar.

Customer Segments

Seluruh masyarakat remaja hingga orang tua seperti:

·   Pelajar

·   Mahasiswa

·   Pegawai

Key Resource

·  Lokai penjualan yang strategis, dekat dengan instansi dan lembaga pendidikan.

·   Mesin espresso otomatis.

·   Suplaier bahan dan alat pelengkap.

Channel

·      Sosial media

·      Bazaar instansi.

·      Karnaval kuliner.

·      Aplikasi pengantaran makanan daring.

Cost Structures

  • Penyediaan alat.
  • Penyediaan lokasi kafe.
  • Penyediaan bahan baku.
  • Biaya promosi (pembukaan, festival kuliner, pekan promosi, dan promo kerja sama).

Revenue

  • Modal pribadi pemilik Coffee Shop.
  • Investasi pihak ketiga.
  • Penjualan per cup Coffe Shop.
  • Penjualan menu pendamping.

 







 

Demikian artikel Executive Summary Idea Bussines semoga bermanfaat dan menginspirasi bagi anda. Terimakasih 

 

 

1.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jawaban Soal Business Model Canvas

Apakah Bussines Model itu? Menurut Alexander Osterwalder, Business Model adalah gambaran dasar bagaimana sebuah organisasi membuat, men-deliver dan menangkap value yang ada. Business Model bersifat seperti blueprint untuk strategi yang akan diimplementasikan ke seluruh organisasi, proses dan sistem. Semua pelaku bisnis harus memiliki pemahaman yang sama terhadap Business Model sehingga diperlukan sebuah konsep yang dapat memberikan satu gambaran standar. Konsep ini harus simple, relevan dan mudah dipahami secara intuitif. Konsep inilah yang diberi nama 9 Building Blocks. Konsep ini sendiri telah diaplikasikan dan diuji coba di seluruh dunia dan telah digunakan di beberapa organisasi, seperti IBM, Ericsson, Deloitte, the Public Works and Government Services of Canada dan banyak lagi. Business Model Canvas (BMC) Business Model Canvas adalah suatu strategi manajemen yang digunakan untuk merancang perencanaan bisnis perusahaan berdasarkan proposisi nilai perusahaan, produk, infrastruktur,

SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING BASO ACI

 SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING BASO ACI ·         Segmentasi Pasar Ø   Geografis   Baso Aci Neng Geulis ini rencana akan dibuka di Daerah dengan konsentrasi konsumen yang tinggi. Seperti di Tangerang tepatnya di daerah Pasar Lama , yang memang terkenal akan kawasan kulinernya. T erkenal akan pengunjungnya yang ramai dan kawasan kuliner dengan banyak macam makanan. Ø   Demografi      Baso Aci ini bisa konsumsi oleh berbagai usia, dan harganya yang ekonomis membuat banyak peminat untuk membeli menikmatinya Ø   Psikografi    Yang membuat konsumen tertarik dengan Baso Aci  ini karna sedang Booming dan harga yang terjangkau dan mudah untuk di dapatkan   ·       Targeting Target pasar lebih ke kumpulan anak remaja atau anak muda dan orang dewasa selain itu pelanggan yang gemar ak an makanan yang cita rasa yang gurih dan pedas yang sangat menggugah selera.   ·         Positioning “Bakso Aci untuk Semua orang!” di lihat dari motto Baso Aci ini dengan nyata

Lean Bussines Model Canvas

Bakso Aci Neng Geulis